Blogroll

Featured post

Foto Kegiatan Siswa

Foto - foto kegiatan SDIT Hidayaturrahman Foto Kegiatan MOS Siswa Foto Siswa-Siswa Sedang Melaksanakan Test ujian Fot...

Sunday 24 April 2011

Fasilitas Sekolah

Saat berada di lingkungan yang tidak nyaman serta fasilitas kurang memadai pastilah perasaan hati yang hadir adalah keadaan tak nyaman, bosan, jenuh dan rasa ingin meninggalkan tempat tersebut. Hal itu juga dapat terjadi dilingkungan keluarga ataupun lingkungan sekitar.

Apabila hal tersebut terjadi dilingkungan sekolah, tentulah kegiatan belajar mengajar (KBM) tidak akan berjalan maksimal, terganggu dan bahkan mendapatkan hasil yang jauh dari yang diharapkan. Fasilitas yang memadai juga merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM).

Atas dasar inilah SDIT Hidayturraman memaksimalkan fasiltas yang ada agar kegiatan belajar mengajar berjalan lancar.

1.Ruang kelas yang memadai

Ruang belajar yang bersih dan nyaman
Di dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) kegiatan siswa lebih banyak dihabiskan diruang kelas, untuk itu pihak sekolah dituntut untuk menciptakan suasana kondusif dan nyaman bagi anak didiknya.
Agar suasana tersebut dapat tercipta ruang kelas harus memenuhi kriteria sebagai berikut :
  • Ruang kelas yang bersih dan sehat
  • Cahaya ruangan yang cukup
  • Ruang kelas yang cukup untuk menampung kapasitas siswa
  • Sirkulasi udara yang teratur
  • Terdapat alat penunjang pembelajaran atau alat peraga pembelajaran
2. Halaman sekolah yang cukup untuk sarana bermain

Halaman Sekolah
Dalam kegiatan anak sehari-hari memang lebih sering digunakan untuk bermain-main tak perduli itu disekolah. Sekolah diharapkan mempunyai tempat atau sarana bermain anak agar siswa dapat menyegarkan pikiran yang sebelumnya telah diberi pelajaran sekolah, serta mungkin untuk menyalurkan hobi siswa-siswi tersebut.
Apalagi jika sekolah menerapkan sistem fullday school, yang mana kegiatan ini diharapkan dapat untuk mengusir kejenuhan siswa.



3. Lokasi kampus yang nyaman jauh dari keramaian atau kebisingan


Lokasi sekolah hendaknya juga mendukung untuk kegiatan belajar mengajar yang jauh dari keramaian atau kebisingan supaya tidak mengganggu konsentrasi siswa dalam menyerap ilmu atau pelajaran yang diajarkan oleh sang guru. Guru akan lebih nyaman bila menyampaikan materi dalam keadaan yang tenang dan tidak terganggu suara-suara bising. Terkadang guru-guru di SDIT Hidayaturrahman menyampaikan materi pelajaran berada di luar kelas untuk memberikan pelajaran tentang alam sekitar secara nyata.



4. Extrakurikuler


Kegiatan extrakuler di dalam sekolah biasanya digunakan oleh guru atau pendidik untuk melatih kedisiplinan para siswa didiknya. Serta sebagai wadah untuk menyalurkan hobi ataupun bakat siswa, dan juga sebagai tempat untuk menambah kreativitas siswa.
Kegiatan upaya mendisiplinkan siswa

0 comments:

Post a Comment